Press ReleaseTips

Tertarik Petualangan Offroad? Simak Tips Berkendara dari Chevrolet Indonesia

JAKARTA, INDONESIA – Bagi para pecinta otomotif yang menyukai aktivitas penuh tantangan dan petualangan, offroad tentu saja menjadi salah satu opsi menarik untuk menyalurkan adrenalin sekaligus menjajal kendaraan mereka. Menyusuri medan-medan menantang seperti jalanan berbatu, berpasir berlumpur hingga lintasan yang terjal pun seringkali justru menjadi sebuah kepuasan tersendiri bagi para pecinta olahraga ini. Untuk sebagian orang, aktivitas ini pun kerap menjadi sebuah aktivitas rutin keluarga sembari travelling.

“Berkendara offroad merupakan sebuah hobi yang telah saya geluti selama beberapa tahun terakhir ini. Tak hanya sebagai medium untuk menantang kendaraan saya melintasi jalur-jalur sulit, tetapi juga untuk manyalurkan adrenalin saya serta kegemaran saya di bidang fotografi,” ujar Dandi Birdy, seorang penggemar kegiatan offroad sekaligus anggota komunitas Chevrolet Indonesia. Sebagai pecinta offroad, Dandi kerap menggeber pickup truck Chevrolet Colorado miliknya untuk mengunjungi tempat-tempat wisata melalui jalur-jalur yang menantang, seperti di wilayah Bromo, Pantai Sewarna di Banten, hingga Lampung, Bali, dan Lombok.

Dalam pengalamannya berkegiatan offroad di berbagai medan, Dandi menyarankan untuk menyiapkan beberapa hal penting yang wajib dan harus diperhatikan demi faktor keselamatan sekaligus menikmati petualangan. “Untuk bisa melibas lintasan offroad, semua mobil standar berpenggerak 4×4 menjadi modal bagi Anda yang berniat untuk mulai memacu adrenalin dari kegiatan ini. Selain itu, ada hal lain yang juga wajib diingat dan diperhatikan sebelum menaklukkan lintasan offroad yang akan dilewati,” tambah pria yang kerap membagikan pengalaman offroad nya melalui akun YouTubenya Nubie Offroader.

Mengingat cukup tingginya tingkat kesulitan dalam berkegiatan offroad dibandingkan dengan medan lainnya, Dandi membagikan beberapa tips persiapan yang wajib diperhatikan sebelum memulai aktivitas offroad:

  1. Tentukan dan Pahami Jenis Medan Offroad yang Dituju.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh offroader. Salah satunya dengan memahami terlebih dahulu jenis atau medan offroad yang akan ditempuh. Kegiatan offroad sendiri dapat terbagi menjadi beberapa jenis pilihan, seperti fun offroadextreme offroadspeed offroadadventure offroad dan touring offroad. Hal ini penting untuk dipahami agar seseorang bisa memilih kegiatan offroad sesuai dengan kemampuan dan jenis kendaraan yang dibutuhkan.

Pilihan kendaraan pun menjadi penting untuk menentukan jenis offroad yang akan digeluti. Chevrolet Colorado merupakan salah satu contoh kendaraan double-cabin pick-up truck memiliki mesin diesel dengan output besar dan dirancang untuk medan offroad ringan hingga berat.

  1. Kuasai Teknik Berkendara Offroad.

Ada beberapa teknik yang perlu diketahui, seperti menggunakan kecepatan yang rendah saat menghadapi medan tanjakan atau turunan. Semakin pelan Anda mengemudi, akan semakin mudah. Kemudian, tetap rileks dan jangan panik, tarik nafas dalam-dalam dan pikirkan trik untuk lolos dari rintangan. Sebagai contoh, saat Anda menyeberangi sebuah lintasan air seperti sungai. Sangat penting mengecek kedalaman air dan mengamati seberapa deras aliran air tersebut sebelum Anda menyeberanginya. Disarankan untuk melihat kondisi medan tanpa kendaraan terlebih dahulu untuk mengetahui kedalaman serta menemukan rintangan yang mungkin dihadapi.

  1. Aspek Keamanan merupakan kunci nomor satu.

Chevrolet Colorado 4×4 menyodorkan teknologi keamanan yang memudahkan Anda melewati medan offroad yang lebih praktis. Selain memahami teknik berkendara offroad yang benar, hal yang harus diutamakan adalah aspek keamanan (safety). Hal ini tidak boleh dianggap remeh karena aktivitas offroad juga memiliki risiko yang terkait dengan keselamatan. Berbagai fitur krusial untuk menjaga keselamatan saat berkendara, seperti Hill Launch Assist (HLA) yang membantu menahan kendaraan Anda saat berhenti di tanjakan, Hill Descent Control (HDC) yang membantu mengontrol kecepatan pada saat jalanan menurun, dan Electronic Stability Control (ESC) yang mengaktifkan tekanan rem pada saat ban menahan kekuatan mesin dan mencegah kendaraan kehilangan kontrol saat tergelincir.

Fitur-fitur tersebut menjadi andalan dari Chevrolet Colorado terkait kelengkapan aspek keselamatan. Selain dilengkapi beberapa fitur di atas, Colorado juga dilengkapi dengan airbags pada pengemudi, penumpang dan lutut, untuk melindungi penumpang saat berkendara, rem ABS dan Traction Control (TC) untuk menjaga kestabilan serta kembali mengendalikan kendaraan Anda secara cepat saat traksi hilang karena kondisi jalanan yang buruk atau saat jalanan sedang basah dan berkerikil.

  1. Sediakan Bahan Bakar Cadangan Juga Penting.

Persiapan bahan bakar cadangan juga menjadi hal yang penting sebelum melakukan petualangan yang menantang menelusuri alam bebas menggunakan mobil offroad di mana jalur yang Anda lalui  biasanya akan sulit menemukan ketersediaan bahan bakar. Karena itulah bahan bakar cadangan sangat penting saat melakukan perjalanan offroad.

  1. Mulai dengan Komunitas-Komunitas Offroad.

Apabila Anda belum memiliki pengalaman dan baru pertama kali mencoba, sangat disarankan untuk bergabung dengan klub offroad atau menumpang kendaraan offroader lain yang sudah berpengalaman. Jangan langsung melakukan kegiatan offroad sendiri, karena akan sangat berbahaya. Standar safety untuk offroad yang berlaku umum adalah minimal berdua atau akan lebih baik lagi jika bertiga. Bergabung dengan klub akan menjadi pilihan terbaik karena bisa menambah ilmu sekaligus berbagi pengalaman. Selain itu, jangan berperilaku arogan dan selalu menjaga kelestarian lingkungan.

“Menjajal kendaraan di medan offroad tak hanya membutuhkan keahlian berkendara yang khusus, tetapi juga membutuhkan kendaraan yang mumpuni dengan mesin yang handal. Kendaraan Chevrolet seperti Colorado dan Trailblazer telah melalui uji ketangguhan secara ketat dalam pengembangan dan validasi rangka sehingga cocok untuk menaklukkan jalur-jalur offroad,” ujar Yuniadi Haksono Hartono, External Affairs & Communications Director, GM Indonesia.

Chevrolet Colorado merupakan pick-up truck andalan Chevrolet yang tampil gagah dengan fascia depan dan belakang yang kokoh dan hadir dengan desain yang lebih modern, teknologi yang terkini dan juga performa terbaik. Kabin terasa lebih senyap dengan adanya perubahan tampilan eksterior, relokasi balance shaft yang memberikan kelegaan. Dengan menggunakan konsep ‘Go-Anyware’ dalam proses pengembangan, double cabin pick-up ini tangguh dan cocok dalam memenuhi kebutuhan untuk bisnis maupun gaya hidup konsumen.

# # #

Tentang Chevrolet

Didirikan tahun 1911 di Detroit, Chevrolet saat ini adalah merek mobil terbesar, menjalankan bisnis di lebih dari 115 negara dan menjual lebih dari 4,8 juta mobil dan truk dalam setahun. Chevrolet memberikan kendaraan hemat bahan bakar kepada para konsumen yang menggambarkan penampilan penuh semangat, desain yang ekspresif, dan berkualitas tinggi. Informasi lebih lanjut mengenai model-model mobil Chevrolet dapat ditemukan di www.chevrolet.co.id

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close