Press ReleaseTips

Bengkel Sirimas Spesialis Turbo Melayani Pengecekan Turbo Secara Gratis Dan Servis Turbo

Jakarta, 18 November 2022 – Tak bisa dipungkiri jika saat ini kebanyakan kendaraan penumpang telah dilengkapi dengan komponen turbo. Kehadiran perangkat turbo pada mesin berperan demi meningkatkan performa sekaligus akselerasi yang mumpuni.

Bahkan berbagai pabrikan kendaraan pun membenamkan turbocharger pada mesin mobil yang berkapasitas kecil agar memiliki tenaga yang lebih serta menawarkan sensasi berkendara yang menyenangkan.

Melihat secara fungsi, turbocharger merupakan salah satu perangkat sistem induksi paksa (forced induction system) untuk meningkatkan power atau tenaga mesin secara instan dengan memanfaatkan gas buang dari mesin.

Mekanismenya, dengan suplai udara yang lebih padat dan lebih banyak ke dalam ruang bakar menjadi salah satu faktor utama dalam meningkatkan performa mesin. Hasilnya, tak hanya tenaga yang menjadi bertambah, efek positif dari aplikasi turbocharger yang didukung suplai udara yang konsisten mampu meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar.

Hal inilah yang menjadi dasar perlunya pengecekan turbo dan konsultasi seputar turbocharger pada kendaraan Anda. Jika komponen ini berfungsi dengan optimal, tentunya tak hanya kenyamanan berkendara, tetapi kenaikan harga bahan bakar pun dapat ditekan dengan efisiensi konsumsi bahan bakar dengan catatan komponen ini berfungsi secara maksimal.

Sebagai komponen kendaraan, turbocharger pun bisa mengalami kerusakan. Cara deteksi kerusakan turbo bisa dari berbagai faktor. Seperti masuknya benda asing ke dalam komponen turbo serta kurangnya kualitas oli ke komponen turbo.

Bahkan tak sedikit pemilik kendaraan yang mengabaikan pentingnya kebersihan dan penggantian filter udara dan filter oli. Hal inilah yang mampu membuat komponen turbo pada kendaraan Anda tidak berfungsi secara maksimal.

“Workshop Sirimas hadir untuk memberikan kenyamanan terhadap komponen turbo pada mobil kesayangan Anda. Kami memiliki layanan pengecekan kondisi kerusakan turbo (Damage Analysis Report) yang dapat dinikmati secara gratis. Selain itu kita melayani jasa perbaikan turbo atau servis turbo,” buka Gandi selaku Technical Specialist & Advisor workshop Sirimas Turbocharger Specialist.

Lebih lanjut Gandi menambahkan bahwa workshop Sirimas Tubocharger Specialist ini memberikan konsultasi gratis sekaligus repair turbo. “Maksudnya Anda dapat bertanya seputar turbo. Mulai dari cara kerja, problem, tingkat kerusakan turbo, rincian biaya servis, hingga penggantian parts. Semuanya bisa dilakukan secara gratis,” jelas Gandi.

Bicara tentang komponen turbo, akan dibahas lebih detail lagi. Misalnya untuk kerusakan turbo yang pertama karena masuknya benda asing seperti debu, serpihan batu, pasir, kerikil dan kotoran yang masuk ke dalam housing filter tanpa kita sadari.

Selanjutnya compressor wheel turbocharger yang terbuat dari bahan aluminium ini bekerja pada putaran mesin sangat tinggi dan rentan terhadap benturan benda asing tersebut. Tentunya akan membuat komponen turbo akan cepat rusak, bahkan performa kendaraan pun akan menurun.

“Salah satu hal yang bisa kita deteksi dari kerusakan turbo adalah timbulnya suara melengking dari komponen turbo. Karena kotoran yang masuk tersebut membentur blades compressor wheel. Bahkan kebocoran oli pada turbocharger pun bisa membahayakan. Salah satu efeknya ketika kekurangan suplai oli akan membuat engine jamming,” wanti Gandi kembali.

Ada baiknya jika ada menemukan gejala tersebut diatas, bisa konsultasi pada nomor telp 021-6255411/35 atau email keluhan Anda ke sirimas.turbo@gmail.com. Namun, jika ingin lebih detail, silakan cek kendaraan Anda pada workshop Sirimas yang beralamat di  Jalan Taman Sari Raya No. 11C, Jakarta Barat. Para teknisi Sirimas akan dengan sigap membantu Anda.

Untuk servis turbo atau repair turbo, workshop Sirimas membutuhkan waktu pengerjaan perbaikan turbo sekitar 1-3 hari, tergantung dari tingkat kerusakan turbocharger Anda. Tentunya Sirimas juga mendapat dukungan dari berbagai supplier OEM parts yang memberikan solusi efektif untuk kebutuhan konsumen.

“Sirimas menjadi workshop spesialis yang bergerak dalam bidang penjualan dan perbaikan turbocharger. Ragam turbocharger yang ditangani meliputi berbagai merk seperti Garrett, Holset, Schwitzer, IHI, Toyota, Mitsubishi, ABB, KKK, Borgwarner untuk aplikasi mulai dari kendaraan pribadi, operasional, alat berat , genset , sampai Tug Boat. Sirimas memberikan garansi bocor selama 2 bulan untuk setiap perbaikan maupun pembelian turbocharger,” promo pria murah senyum ini.

Berikut ada petunjuk instalasi turbocharger dan tips penting yang berguna pemilik kendaraan pribadi maupun operasional yang menggunakan turbocharger pada mesin kendaraannya.

Sebelum Pemasangan:

  • Mengganti filter oli dan filter udara yang direkomendasikan
  • Mengganti oli mesin (bila diperlukan).
  • Memberikan oli pada turbo oil inlet untuk pelumasan.
  • Mengganti pipa oil inlet & outlet turbo (bila diperlukan) atau bersihkan untuk menghilangkan kerak oli dan karbon.
  • Bersihkan intake / exhaust dan intercooler dari kerak oli dan karbon.
  • Pastikan supply oli yang memadai ke turbocharger.
  • Pastikan pompa oli berfungsi dengan baik.
  • Pastikan gasket & ring tembaga yang digunakan untuk oil inlet dan outlet telah sesuai.
  • Pastikan selang-selang udara dan pipa oli balik baik / tidak sobek / tidak kendor / tidak tertekuk dari turbo menuju filter udara dan intercooler / mesin.
  • Pastikan semua mur, baut, sekrup untuk selang udara, pipa dan sambungan manifold telah dipasang dengan kencang.
  • Pastikan wastegate berfungsi dengan baik.

    Hal yang harus diperhatikan:

  • Nyalakan mesin selama 5 menit pada saat kondisi idle.
  • Cek apakah ada bunyi aneh atau kebocoran.
  • Segera non-aktifkan turbo jika ditemukan masalah pada turbo.

    Tips:

  • Jangan sampai ada benda asing yang masuk ke selang maupun turbo pada saat pemasangan, seperti baut maupun kotoran gram-gram yang dihasilkan setelah pengerjaan overhaul.
  • Pastikan kondisi klep, ring piston, piston, injector mesin dalam keadaan baik karena dapat menyebabkan bocor kompresi dan pembakaran buruk pada mesin dan sangat berkaitan dengan turbo.
  • Jangan gunakan silicon red sealant / lem merah untuk merekatkan gasket karena dapat masuk ke dalam turbo dan menghambat jalur oli.
  • Nepel oli masuk dan keluar menggunakan ukuran aslinya, jangan diubah lebih kecil, karena menyebabkan terganggunya sirkulasi oli masuk dan oli balik. Dan turbocharger dapat menjadi kekurangan oli mesin untuk melumasi parts didalamnya.
  • Gunakan spesifikasi oli yang telah ditetapkan oleh standar bawaan pabrik karena berpengaruh pada viskositas dan heat resistance lubricant untuk pelumasan intenal parts turbo. Jangan melakukan pengisian oli mesin melewati batas dip stick oli karena dapat menghambat jalur oli balik menuju bak oli / carter.
Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close