Press ReleaseTips

Panduan Mengenal dan Memilih Lampu Jenis LED

Inovasi dan teknologi pada lampu LED (Light Emitting Diode) menjadikannya sebagai lampu yang lebih hemat energi, ramah lingkungan sekaligus cahaya masa depan.

Perkembangan lampu LED (Light-Emitting Diode) terus berkembang secara signifikan. Melihat keunggulan lampu jenis ini, banyak produsen kendaraan yang mengadopsi lampu jenis LED pada produk-produk terbarunya.

Lampu jenis LED memang terbukti lebih unggul dalam berbagai aspek. Mulai dari usia pakai yang panjang, tahan terhadap guncangan, waktu respon yang cepat, hemat energi, ramah lingkungan dan  menghasilkan pencahayaan serta warna sinar yang baik. Inovasinya pun makin merambah dengan banyaknya pilihan warna cahaya.

Banyak produsen yang memperkenalkan lampu LED, termasuk CV Sampurna Part Niaga (SPN) selaku distributor lampu merek Autovision menyediakan berbagai lampu LED yang lengkap dan berkualitas. Pada saat event Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE, BSD City Tangerang (02-12 Agustus 2018), Autovision akan meluncurkan beragam produk terbaru lampu LED.

'Keikutsertaan Autovision dalam ajang GIIAS 2018 untuk memberikan edukasi kepada pengunjung pameran untuk dapat mengenal lebih dekat dengan lampu jenis LED,' buka Lily Hernawan, selaku Direktur CV SPN.

Autovision membeberkan beberapa hal mengenai lampu jenis LED dan panduan untuk memilih LED berkualitas. 'LED merupakan lampu tanpa gas & filament, saat ini telah mencapai 150 lumens/watt dan lampu model ini sangat sedikit menghasilkan panas searah gelombang cahaya, namun suhu panasnya timbul pada bagian belakang lampu,' tutur Lily Hernawan.

Selain itu, LED merupakan komponen elektronik solid state, tahan guncangan dan berdimensi sangat kecil. Sehingga lampu ini lebih praktis dalam soal penempatan. Uniknya lagi lampu LED mampu terang maksimal seketika dalam waktu kurang dari satu detik. Lampu LED untuk penerangan pada umumnya terdiri dari komponen LED chip, LED driver & pengendali suhu.

Sekedar informasi tambahan bahwa panas merupakan musuh utama bagi lampu LED. Meningkatnya suhu LED berdampak pada penurunan kinerja lampu LED. Umumnya LED berfungsi baik jika suhu kurang dari 70 derajat Celcius.

Suhu yang dihasilkan LED & ruang mesin pada mobil mempengaruhi kinerja LED serta sangat mempengaruhi umur kerja lampu LED.  Kualitas LED ditentukan pada rancang bangun, material, proses produksi, dan sistem kontrol kualitas paska produksi.

Kapasitas terang LED berbanding lurus dengan dayanya dan panas yang ditimbulkan, dengan besaran pengaruh yang tergantung rancang bangun & material lampu LED. Untuk meningkatkan kinerja lampu LED, dilakukan pengembangan dalam menciptakan LED berkapasitas besar tanpa menghasilkan panas berlebih. Selain itu juga dikembangkan design dan penggunaan material guna mengendalikan panas berlebih dari penggunaan LED berdaya besar.

Jenis dan material pengendali suhu sangat mempengaruhi kinerja Lampu LED sebagai penerangan. Sistem pendingin Fan masih merupakan system paling baik dalam pengendalian suhu, selain itu ada pula pendingin dengan air (water cooler) dan udara (air cooler). Namun, masing-masing jenis pengendali suhu memiliki kelebihan serta kekurangannya. Berikut kami jabarkan tabelnya.

  Teknologi Ukuran Biaya Pengendali Suhu Umur kerja Kekurangan
Pendingin udara Pasif-sederhana Kecil s/d besar Sedang Tergantung luasan media Paling panjang Tergantung bahan & teknologi
Pendingin Kipas Aktif – cukup tinggi kecil Sedang Baik Sedang Bilah kipas dapat dipenuhi kotoran
Pendingin air Aktif – tinggi besar Mahal Baik Sedang Sistem sirkulasi air

Untuk dapat mengenal lebih dalam soal lampu LED, silakan mampir ke booth Autovision Booth Autovision akan berdiri megah pada Hall 2 no. B1-2 & B9-10, pada event GIIAS di ICE BSD, Tangerang pada 02-12 Agustus 2018 mendatang.

Beragam program menarik akan dipersembahkan demi memeriahkan event GIIAS 2018. Mulai dari promo 'Crazy Sale' yang menawarkan discount fantastis sebesar 50% untuk produk LED Headlight terbaru, Multi Function Jump-Starter dan 4 in 1 Tyre Compressor-Vacuum Cleaner yang disajikan saat weekend.

####

Tentang Autovision

Autovision mulai dipasarkan di Indonesia sejak 2006 silam. Produk-produk Autovision mendapat respon yang sangat baik dari para konsumen atas kualitas produk yang ditawarkan. Hingga saat ini, rangkaian produk Autovision telah banyak tersebar di seluruh penjuru Tanah Air dan telah digunakan sebagai produk aftermarket untuk kendaraan-kendaraan di Indonesia.

Perjalanan karir Autovision terus berkembang setiap tahunnya. Autovision telah menjadi pilihan utma para penjual mau pun penyedia suku cadang pengganti, workshop spesialis lampu dan banyak diaplikasi para pecinta modifikasi kendaraan dan para pengguna kendaraan yang menginginkan kualitas lampu yang baik, line-up produk yang lengkap serta harga yang lebih kompetitif.

Rangkaian produk lampu Autovision meliputi lampu jenis HID (High Intensity Discharge), LED Microzen, lampu Halogen, Bi-Xenon Projector, Daytime Running Light dan LED Bar serta beberapa perlengkapan penunjang kelistrikan lampu lainnya.

Autovision didistribusikan oleh CV. Sampurna Part Niaga (SPN) yang merupakan perusahaan distributor nasional yang berpusat di Bandung, untuk lampu kendaraan dan part pelengkapnya, wiper, klakson, alarm dan aksesoris pelengkap lainnya seperti USB charger, multifunction jumper dan 4 in 1 digital compressor + vacuum cleaner.

*Untuk materi press release dan photo high res, silakan download file dibawah ini :
(checklist file yang ingin Anda download)


Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close