Tips

Tips Aplikasi Lampu LED Sepeda Motor dari Autovision

Lampu berteknologi LED diketahui umum lebih tahan lama dan pencahayaan warna putih. Namun, tidak semua lampu LED sama. “Penggantian lampu pijar ke lampu LED perlu dipahami untuk hasil pencahayaannya ke jalan raya, perlu setara atau lebih baik dari lampu pijar sebelumnya,” saran Lily Hernawan selaku Direktur CV Sampurna Part Niaga (SPN) saat sesi Grand Launching New Logo Autovision di Hotel Mason Pine, Bandung, Jawa Barat (23/07) lalu. 

Lily menyebutkan kembali bahwa pemilihan lampu dan penggunaan penerangan kendaraan diharapkan tidak menyilaukan pengendara dari arah berlawanan dan pedestrian. Secara aman dan nyaman serta mendukung keselamatan berkendara.

Usia pakai lampu LED bergantung komponen dan teknologi yang digunakan serta sistem pendinginan komponen elektronik didalamnya. Lampu LED dengan pengendalian panas yang baik bisa mencapai umur pakai lebih dari 10.000 jam.

Ada beberapa poin yang sebaiknya Anda pahami ketika ingin mengganti dan mengaplikasikan lampu LED motor variasi.

1. Kenali Tipe Kelistrikan Motor.
Kendaraan roda dua memiliki dua tipe kelistrikan lampu utama yaitu AC arus dari kiprok dan tipe DC sumber arus dari accu. Jadi alangkah baiknya menggunakan lampu yang support kedua tipe kelistrikan tersebut (AC/DC).

2. Ruang Pemasangan
Perlu diketahui ukuran lampu LED motor berbeda beda ketimbang bohlam biasa. Hal inilah yang kerap membuat proses modifikasi atau pemasangan lampu LED menjadi sulit. Sebaiknya gunakan tipe lampu LED yang memiliki dimensi kurang lebih sama dengan lampu Halogen agar pemasangan jauh lebih mudah (Plug and Play).

3. Titik Jatuh Cahaya
Perhatikan juga
masalah pengaturan titik cahaya. Dalam hal ini, pengaturan titik cahaya tidak hanya sekadar menaikkan ukuran watt namun juga memastikan bahwa cahaya lampu tidak membuat silau pengguna jalan lainnya.

4. Panas Pada Mika
Hindari mengganti bohlam lampu bawaan pabrik dengan lampu yang berdaya lebih besar jika suhu pada lampu tersebut melebihi 80oC, pasalnya, hal ini berisiko mika atau rumah lampu meleleh. Jika sudah meleleh, maka mika harus diganti.

Autovision berkantor pusat di Jl Mulyasari I no. 5 Bandung, Jawa Barat. Sementara untuk wilayah Jakarta, Showroom Service Center Autovision berada di Rukan Fresh Market Blok A No. 9 Green Lake City Semanan Kosambi, Jakarta Barat.

Untuk melihat ragam produk terbaik Autovision, Anda bisa kunjungi website resmi www.autovision.co.id atau follow akun Instagram @autovisionlighting untuk inspirasi beragam jenis aplikasi lampu kendaraan. Autovision Official Marketplace bisa diakses di Tokopedia dan autovision Mall di Shopee

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close